Loading...

Tiga Paslon Tidak Memenuhi Syarat Pilkada Mimika

SENTANI (TAJUKTIMUR.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika menyatakan tiga dari tujuh bakal pasangan calon (paslon) tidak memenuhi syarat (TMS) menjadi peserta pilkada 2018.

KPU mengungkapkan hal itu dalam rapat pleno penetapan pasangan calon peserta pilkada Kabupaten Mimika 2018, yang digelar di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, sejak Sabtu (17/2) malam hingga Minggu dini hari.

Ketiga bakal pasangan calon bupati/wakil bupati yang disebutkan tidak memenuhi syarat adalah pasangan independen atau jalur perseorangan Philipus Wakerwa-H Basri (PhilBas) dan Maria Florida Kotorok-Yustus Wai (MariUs).

Pasangan petahana Eltinus Omaleng-Johanes Rettob (OmTob) yang memborong semua partai politik yang ada di Kabupaten Mimika, juga dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Pasangan calon PhilBas dan MariUs tidak memenuhi syarat dukungan suara minimal,” kata Ketua KPU Mimika Theodora Ocepina Magal.

Sementara pasangan calon petahana yang akrab disapa OmTop disebutkan terkait ijazah palsu salah satu kandidat, sehingga tidak dilakukan verifikasi faktual untuk ijazah terakhir S2 di Universitas Cenderawasih.

“Dengan ini kami tutup rapat pleno penetapan ini,” kata Ocepina sembari mengetuk palu sebanyak tiga kali tanpa membacakan berita acara hasil penetapan sebagai bentuk penegasan di hadapan para peserta rapat dan bakal calon bupati/wakil bupati.

Jalannya rapat pleno KPU Mimika yang dimulai sejak Sabtu (17/2) malam sekitar pukul 23.00 WIT hingga Minggu pagi sekitar pukul 05.30 WIT berlangsung alot, hujan interupsi dan skors kurang lebih enam kali.

Saksi dan tim pendukung, ketiga bakal pasangan calon bupati/wakil yang dinyatakan TMS, sontak saja mengajuk protes dan meminta Panwaslu yang hadir sejak awal rapat untuk mencatat secara detail semua jalannya rapat hingga keputusan.

Bahkan, rapat pleno itu sempat terjadi ketegangan ketika oknum pendukung akan saling beradu otot, namun Kapolres Jayapura AKBP Victor D Mackbon dibantu Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismilianto bersama jajaran menengahi dan meredakan situasi.

“Kami minta waktu dua jam untuk buat salinan berita acara, SK dan form pengaduan kepada para pasangan calon,” kata Ocepina.

Sebanyak tujuh bakal pasangan calon yang daftar ke KPU Mimika untuk ikut sebagai peserta pilkada 2018.

Enam diantaranya merupakan pasangan calon independen, yakni Hans Magal-Abdul Muis (Ham), Mus Pigai-Allo Rafra (Musa), Robertus Waropea-Alberth Bolang (RnB), Petrus Yanwarin-Alpius Edowai (Petraled), Philipus Wakerwa-H Basri (Philbas) dan Maria Florida Kotorok-Yustus Wai (Marius).

Sementara pasangan calon yang menggunakan jalur partai politik adalah pasangan petahana Eltinus Omaleng-Johanes Rettob yang akrab disapa OmTop yang memborong hampir semua partai di DPRD setempat.

(as)

Berita Lainnya
Inalum dan Uncen kerja sama Membangun Papua JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM dan Universitas Cendr...
Banjir Hanyutkan Lima Warga di Sebagian Tolikara JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua menyatakan huja...
BPS: Penduduk Miskin di Mimika Capai 31.175 Jiwa TIMIKA, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mimika, menyatakan penduduk miskin di...
Kementerian PUPR bantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Program Rumah Khusus (Rusus) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan...
Polisi Sentani-Warga Nendali Sepakat Tolak Hoaks SENTANI, TAJUKTIMUR.COM - Kepolisian Sektor (Polsek) Sentani Timur bersama warga Kampung Nendali Sen...
Kanal: Papua Pilkada