Loading...

7 Tips Mempersiapkan Diri sebelum Menjalani Psikotes Kerja

PERTANYAAN
Halo Mbak Novi, saya baru saja menamatkan program strata satu, istilah kerennya fresh graduate. Kebetulan sekali sekarang sedang banyak lowongan pekerjaan di berbagai instansi. Tidak ingin melewatkan kesempatan ini, saya ingin lulus tes tersebut. Bisakah mbak membantu saya untuk memaparkan kiat-kiat agar saya bisa melewati psikotes dengan baik?

Terima kasih sebelumnya.

Salam hormat saya,
Amel, Yogya

 

 

 

JAWABAN
Halo Amel,

Selamat ya Amel telah menyelesaikan S1, semoga sukses selalu untuk Amel. Mengenai psikotes, memang saat ini banyak perusahaan yang sudah menggunakan psikotes sebagai salah satu seleksi untuk kandidatnya. Salah satu tujuan psikotes yang dilakukan adalah untuk mengetahui gambaran menyeluruh dari diri kandidat yang bersangkutan dengan posisi/jabatan/pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau instansi tersebut. Bukan hanya aspek kepribadian saja namun juga aspek kemampuan dasar dan juga sikap kerja akan terlihat dari hasil psikotes yang telah dilakukan. Jika memang Anda memenuhi kriteria untuk posisi/jabatan/pekerjaan di instansi atau perusahaan tersebut, tentunya kemungkinan besar Anda akan diterima.

Sebaliknya pula, jika hasil psikotes Anda tidak memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh posisi/jabatan yang ada di instansi/perusahaan maka anda tidak akan diterima, sehingga seringkali ditemukan bahwa seseorang yang memiliki inteligensi tinggi belum tentu lulus untuk posisi yang dilamarnya karena aspek yang dilihat bukan hanya dari segi inteligensi saja. Instansi atau perusahaan tentunya mencari kandidat yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan sehingga dapat menempatkan orang dengan kemampuan yang tepat sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

Nah, bagaimana kiat untuk lulus psikotes? Sebelum melakukan psikotes, beberapa hal ini harus Anda perhatikan:

  1. Istirahat yang cukup karena ketika Anda mengerjakan psikotes Anda memerlukan fokus perhatian yang cukup tinggi dan juga energi untuk mengerjakan soal psikotes hingga tuntas. Pelaksanaan psikotes sendiri bisa memakan waktu selama beberapa jam sehingga saat melakukan psikotes kondisi Anda diharapkan dalam keadaan bugar.
  2. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu agar Anda memiliki energi yang dibutuhkan untuk mengikuti psikotes hingga selesai. Jangan karena lupa sarapan lalu berakibat pada hilangnya konsentrasi karena Anda kelaparan saat mengerjakan psikotes.
  3. Berdoa, percaya diri dan bersikap tenang karena dengan bersikap yakin pada kemampuan yang Anda miliki, sedikit banyak kekhawatiran yang ada akan menghilang sehingga Anda tidak akan gugup, cemas yang justru dapat membuat Anda tidak dapat memusatkan perhatian.
  4. Perhatian dengan baik instruksi yang diberikan karena beberapa tes memiliki cara pengerjaan yang berbeda. Jangan sampai karena tidak mendengarkan instruksi yang disampaikan berakibat pada kesalahan dalam mengerjakan.
  5. Isilah data diri dengan lengkap. Sebelum pemberian psikotes, Anda akan diminta untuk mengisi data diri. Isilah data Anda dengan jujur dan lengkap.
  6. Periksa kembali jawaban yang telah anda berikan jika masih ada waktu yang tersisa.
  7. Usahakan untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan batasan waktu yang diberikan. Kerjakan terlebih dahulu soal yang Anda anggap mudah, jangan sampai Anda terpaku dan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan satu soal saja.

Demikian kiat-kiat menghadapi psikotes dari saya, semoga dapat bermanfaat.

 

 


Rubrik tanya jawab Psikologi Keluarga/Parenting ini diasuh oleh Novita Pratiwi,S.Psi.,M.Psi.,Psikolog.,CH.t (Abhinaya Consulting dan
BIPI Consulting Jl. Pejaten Raya 10 A. Jakarta Selatan). Kirim pertanyaan Anda ke: Abhinayaconsulting@gmail.com


Berita Lainnya
Tips Ibu Bekerja Bagi Waktu untuk Keluarga PERTANYAAN: Dear ibu Novita, Saya adalah ibu pekerja paruh waktu. Dalam seminggu saya bekerja 4 ...
Kiat Membuat Anak Malas Menjadi Produktif PERTANYAAN Kenapa sih saya punya keponakan usia sudah 12 tahun tapi kok malas kalau diberi tugas ...
Tanda Anak Siap Masuk Sekolah Dasar PERTANYAAN: Apakah yang menjadi standar kesiapan anak untuk masuk ke tingkat Sekolah Dasar? Karena ...
Kanal: Parenting