Loading...

Kiat Membuat Anak Malas Menjadi Produktif

PERTANYAAN

Kenapa sih saya punya keponakan usia sudah 12 tahun tapi kok malas kalau diberi tugas rumah, seperti menyiram tanaman, menyapu atau mencuci piring kotor sendiri? kalau dikasih tahu tentang hal yang tidak seharusnya dia malah memberi banyak alasan.

Kalau ada PR dia juga selalu mengandalkan saya untuk membantunya mengerjakan tugas. Keponakan saya ini laki-laki, tinggal dengan saya hanya saat masa sekolah sejak usia 3 tahun sampai sekarang (12 tahun). Setiap weekend atau libur panjang sekolah dia berada di keluarganya. Maunya cuma enak-enak saja, misalkan makan enak, bermain, dikasih uang.

(Santi, Jakarta)

 

 

JAWABAN
Halo Kak Santi, Anda pasti sayang sekali dengan keponakannya tetapi di sisi lain ada rasanya agak kesal, gemes gimana gitu ya saat menghadapi keponakan yang maunya cuma enak-enak saja bahkan sering mengandalkan tantenya untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah? Sebagaimana diketahui, perilaku seseorang tidak terbentuk begitu saja namun berproses.

Dalam hal ini perilaku anak merupakan hasil respon belajar yang dipelajarinya dari lingkungan baik berupa punishment ataupun reward yang diterimanya dari lingkungan.

Sebenarnya saya ingin tahu lebih lanjut bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh kedua orangtuanya, juga neneknya serta kak Santi selama ini karena hal tersebut juga berperan dalam pembentukan kepribadiannya.

Karena saat anak mengalami pola asuh yang berbeda sejak kecil ia dapat mengalami kebingungan, akan kesulitan mendapatkan role model yang tepat dan salah satu dampak diantaranya adalah menjadi tidak mandiri. Oleh sebab itu, jika pola asuh yang diterapkan berbeda sebaiknya kakak bersama kedua orangtuanya sepakat untuk membentuk suatu pola asuh yang sejalan.

Selain itu, kita perlu meninjau lebih
jauh lagi terkait dengan tingkat perkembangannya.

Pada usia 12 tahun, anak telah memasuki masa akhir kanak-kanak dan peralihan menuju remaja. Pada masa ini anak mulai dapat berpikir secara logis mengenai suatu hubungan sebab akibat. Di masa ini juga ia juga sudah mulai senang berdebat dan mulai menggunakan pemikiran rasional. Anak juga mengembangkan perasaan adequat, rasa percaya diri dan sebaliknya perasaan inferiority saat tidak terpenuhi. Pada tahap ini adanya penguatan atau reinforcement dari orangtua atau orang dewasa terhadap prestasi yang berhasil dicapainya menjadi penting bagi anak.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan oleh orangtua atau orang dewasa dalam keluarga? Orang dewasa di keluarga perlu mendukung anak, memberikan dorongan bahwa ia mampu menyelesaikan tugasnya, baik tugas sekolah maupun tugas rumah, menerima dan menghargai usaha anak, dan tidak banyak mengkritik anak. Hal ini akan sangat berarti untuk meningkatkan self esteem anak.

Berkaitan dengan keponakan kak Santi, kakak dapat mulai melakukan diskusi bersama keponakan kakak atas tugas-tugas yang menjadi kewajibannya. Buatlah suatu peraturan atas kesepakatan bersama apa saja tugas yang harus dilakukannya secara mandiri.

Membuat kesepakatan tersebut sebaiknya secara tertulis , kemudian uraikan tugas harian dan mingguan yang dikerjakan dalam suatu tabel. Uraian tugas bisa ditulis di karton atau papan tulis. Buat juga kesepakatan jika dalam satu minggu ia berhasil mencapai semua tugas, reward apa yang akan diterimanya.

Sebaliknya juga jika ia tidak berhasil mencapai tugas, apakah menarik kesenangannya untuk sementara waktu atau lainnya hal tersebut dapat disepakati bersama. Kemudian bersikaplah tegas agar ia mengikuti aturan dan kesepakatan yang sudah dibuat.

Bukan hanya tegas, tapi juga konsisten.
Selamat mencoba!


Rubrik tanya jawab Psikologi Keluarga/Parenting ini diasuh oleh Novita Pratiwi,S.Psi.,M.Psi.,Psikolog.,CH.t (Abhinaya Consulting dan
BIPI Consulting Jl. Pejaten Raya 10 A. Jakarta Selatan). Kirim pertanyaan Anda ke: Abhinayaconsulting@gmail.com


Berita Lainnya
7 Tips Mempersiapkan Diri sebelum Menjalani Psikotes Kerja PERTANYAAN Halo Mbak Novi, saya baru saja menamatkan program strata satu, istilah kerennya fresh gr...
Tips Ibu Bekerja Bagi Waktu untuk Keluarga PERTANYAAN: Dear ibu Novita, Saya adalah ibu pekerja paruh waktu. Dalam seminggu saya bekerja 4 ...
Tanda Anak Siap Masuk Sekolah Dasar PERTANYAAN: Apakah yang menjadi standar kesiapan anak untuk masuk ke tingkat Sekolah Dasar? Karena ...
Kanal: Parenting