Loading...

Tanda Anak Siap Masuk Sekolah Dasar

PERTANYAAN:
Apakah yang menjadi standar kesiapan anak untuk masuk ke tingkat Sekolah Dasar? Karena selama ini yang saya tahu salah satu syarat masuk SDN adalah berusia 7 tahun.

Dari: Qotrunnada, Condet

 

 

JAWABAN:
Standar kesiapan seorang anak untuk memasuki sekolah Dasar ditentukan oleh kematangannya baik secara , fisik-motorik, kognitif, maupun secara sosial-emosi.

Beberapa yang dapat menjadi indikasinya adalah; Secara fisik-motorik anak mampu melakukan gerak motorik yang sudah bagus dan dapat dikoordinir dengan baik sehingga mampu memegang pensil dengan benar dibandingkan dengan anak usia 5 tahun yang masih agak kesulitan untuk memegang pensil.

Secara kognitif dapat dilihat antara lain, anak sudah memiliki kemampuan visual yang baik seperti mampu membedakan benda, mampu mengamati bentuk, mengerti tentang jumlah dan memiliki kemampuan perbandingan sederhana.

Anak juga menunjukkan kemampuan untuk mendengarkan instruksi dan memahami tugas. Selain itu juga, anak telah memiliki rentang kemampuan memusatkan perhatian yang baik sesuai usianya.

Hal tersebut dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar sehingga fokus perhatiannya tidak mudah teralih pada hal lain.

Sedangkan secara aspek sosial dan emosi anak telah memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, mampu menjalin interaksi sosial dengan teman-temannya, dan cukup mandiri.

Jika anak telah memiliki kematangan dalam aspek tersebut maka anak dapat dikatakan siap untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Dasar.

Mengapa ditetapkan usia 7 tahun? Karena berdasarkan tingkat perkembangan, usia 7 tahun adalah usia sekolah (School Child) yang tepat karena aspek aspek yang dibutuhkan untuk memasuki jenjang Sekolah Dasar telah berkembang dengan matang.

Meski demikian, pada beberapa kasus ditemui bahwa tidak semua anak menjalani proses perkembangan yang normal. Ada anak-anak yang memiliki kemampuan lebih baik dan berkembang lebih pesat dibanding dengan usia kronologisnya.

Untuk kasus tersebut, ada baiknya dilakukan pemeriksaan psikologis untuk melihat apakah anak telah memiliki kematangan yang dibutuhkan untuk memasuki jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.


Rubrik tanya jawab Psikologi Keluarga/Parenting ini diasuh oleh Novita Pratiwi,S.Psi.,M.Psi.,Psikolog.,CH.t (Abhinaya Consulting dan
BIPI Consulting Jl. Pejaten Raya 10 A. Jakarta Selatan). Kirim pertanyaan Anda ke: Abhinayaconsulting@gmail.com


Berita Lainnya
7 Tips Mempersiapkan Diri sebelum Menjalani Psikotes Kerja PERTANYAAN Halo Mbak Novi, saya baru saja menamatkan program strata satu, istilah kerennya fresh gr...
Tips Ibu Bekerja Bagi Waktu untuk Keluarga PERTANYAAN: Dear ibu Novita, Saya adalah ibu pekerja paruh waktu. Dalam seminggu saya bekerja 4 ...
Kiat Membuat Anak Malas Menjadi Produktif PERTANYAAN Kenapa sih saya punya keponakan usia sudah 12 tahun tapi kok malas kalau diberi tugas ...
Kanal: Parenting