Loading...

KPU Biak Numfor Terima Laporan Dana Kampanye 16 Parpol

BIAK, TAJUKTIMUR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menerima pelaporan awal dana kampanye untuk 16 partai politik peserta Pemilu 2019.

“Pengurus 16 parpol Biak telah menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak 23 September,” ujar Komisioner KPU Biak Johanis Lalihatu yang didampingi Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Agus Filma, di Biak, Senin (24/9/2018).

Johanis mengatakan setelah pengurus 16 parpol menyerahkan laporan awal dana kampanye maka KPU langsung melakukan verifikasi.

Johanis menyebut setiap parpol diberi waktu selama lima hari ke depan untuk melakukan perbaikan apabila masih terdapat hal yang butuh dibenahi.

Menyinggung besaran lapran awal dana kampanye masing-masing parpol, menurut Johanis, masih belum disampaikan karena masih ada yang butuh diverifikasi.

“Setiap parpol akan melaporkan lenhkap nanti setelah masa perbaikan selesai, yang jelas karena ini syarat diatur UU Pemilu maka wajib laporan disampaikan ke KPU,” ujarnya.

Johanis mengatakan sesuai dengan Undang-undang nomor 7 tahun 2017, apabila parpol terlambat menyampaikan laporan awal dana kampanye maka dapat dikenai sanksi berupa pembatalan sebagai peserta pemilu di wilayahnya.

Di dalam aturan UU Pemilu ini, menurut Johanis, dikenal ada tiga jenis laporan dana yakni pertama adalah laporan awal dana kampanye berisi informasi dana awal kampanye, termasuk sumber, besaran, dan rekening khusus dana kampanye.

Sedangkan jenis laporan lain adalah laporan penerimaan sumbangan dana kampanye. Angka tersebut akan dilaporkan kepada KPU pada awal tahun 2019 yaitu tanggal 2 Januari 2019.

Laporan ketiga laporan akhir dana kampanye laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) diserahkan kepada kantor akuntan publik yang ditunjuk oleh KPU delapan hari setelah pemungutan suara.

“Kalau pemungutan suara Pemilu serentak 17 April maka 25 April 2019 masing-masing peserta pemilu juga harus menyerahkan LPPDK,” imbuhnya.

Hingga, Senin pukul 16.00 WIT sejumlah parpol dan caleg parpol peserta Pemilu 2019 telah memasang baliho, spanduk dan poster sebagai bahan kampanye.

Berita Lainnya
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Lembaga Penyiaran Diminta Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Memasuki hari masa tenang Pemilu 2019, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) me...
Habib Rizieq Shihab Sampaikan 10 Alasan Prabowo-Sandi Disambut Rakyat JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyampaika...
Papua Gunakan Sistem Noken dalam Pemilu 2019 JAYAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Sebanyak 12 kabupaten di Papua, dalam pemilu 17 April mendatang masih men...
Kanal: Papua Pemilu