Loading...

Sekab: Ada Sejumlah Menteri Kabinet Kerja Ikut Caleg 2019

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan legislatif 2019.

“Beberapa menteri yang lain, kebetulan kalau tidak salah, dari PKB itu ada 3, lalu Nasdem tidak ada, lalu PPP antara iya dan tidak karena Pak Menteri Agama sedang konsentrasi untuk haji,” kata Pramono kepada media di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta, Selasa.

Menurut Pramono, sejumlah pejabat di lingkungan kepresidenan dan menteri asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga ada yang akan menjadi calon anggota legislatif yaitu Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Selain itu, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi SP dikatakan Pramono juga dicalonkan dari PDIP sebagai caleg di Daerah Pemilihan VII Jawa Timur.

Pramono menjelaskan beberapa menteri atau pejabat pemerintahan berpotensi menjadi pengumpul suara bagi partai-partai yang bersangkutan.

Seskab menambahkan prestasi program kementerian yang telah berjalan akan menjadi catatan baik bagi lembaga yang bersangkutan, bukan personal kepada pejabat terkait.

“Jadi yang ada adalah sekarang tinggal jaringan, ‘performance’ dari masing-masing menteri untuk bisa mendulang suara,” ujar Pramono.

Pemerintah akan mengawasi para pejabat agar jangan sampai menyalahgunakan kewenangan pada saat kampanye caleg.

“Selama dia cuti ya diperlakukan seperti caleg biasa. Tetapi begitu nanti kembali dari cutinya, akan menjabat sebagai menteri biasa,” jelas Pramono.

Sebanyak tiga menteri yang berlatar belakang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yaitu Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan periode pendaftaran caleg untuk anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dibuka sejak 4 hingga 17 Juli 2018.

Mulai Senin (16/7), sejumlah partai telah mendatarkan sejumlah nama-nama caleg ke KPU di masing-masing daerah.

Berita Lainnya
Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Malu...
Fokus Ibadah Ramadan, Haedar Nashir Imbau Medsos ikut ‘Puasa’ MAGRLANG, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengimbau umat Islam...
Dilaksanakan Nanti Sore, Inilah Tahapan Sidang Isbat Awal Ramadan 1440H JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kementerian Agama akan melangsungkan Sidang Isbat Awal Ramadan 1440 H, pad...
Sandiaga: Kami Berkomitmen untuk tidak Mengambil Gaji se-rupiah pun JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno me...
Aa Gym: Prabowo-Sandi Pilihan Hati JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - KH Abdullah Gymanstiar memberikan dukungan untuk capres dan cawapres nomor...
Kanal: Nasional Pemilu