Loading...

Wah, Bawaslu Sebut Potensi Pemilih Ganda Ada 2 Juta Orang

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Komisioner Badan Pengawas Pemilu Rahmat Bagja mengatakan pihaknya memprediksi jumlah data ganda mencapai 1,8-2 juta pemilih.

“Prediksinya 1,8 juta-2 juta,” kata Rahmat Bagja di Kantornya, Jakarta, Rabu. Prediksi tersebut terhadap data ganda dari seluruh kabupaten/kota yang ada.

Sebelumnya, dalam analisis Bawaslu terhadap data DPT ganda di 285 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia, ditemukan kegandaan data sebanyak 1,013 juta data DPT ganda dari 91 juta pemilih.

Hasil analisis kegandaan mendasarkan pada elemen NIK, Nama dan Tanggal Lahir yang identik. Ketiga elemen tersebut menjadi basis analisis kegandaan dengan menggabungkan seluruh data dalam lingkup Kabupaten/Kota.

Rahmat mengatakan, masalah masih adanya data ganda dalam DPT karena sejumlah masalah. Diantaranya belum adanya budaya tertib administrasi masyarakat.

Ia mencontohkan, masih banyak masyarakat yang pindah tidak mengurus surat-surat kepindahan, sementara di tempat yang baru mereka juga membuat kartu identitas baru.

Selain itu, juga ada beberapa rekomendasi Bawaslu di daerah yang tidak diindahkan KPU saat penetapan DPT dan rekapitulasi di provinsi.

Ia menambahkan, sampai saat ini pihaknya terus mencermati data-data yang diberikan KPU. Sementara itu, seusai dengan keputusan KPU dalam raat pleno terbuka rekapitulasi DPT pemilu 2019, Rabu, 5 September 2018, perbaikan DPT terkait masalah data ganda tersebut akan dilaksanakan selama sepuluh hari.

KPU akan kembali menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perbaikan DPT pada Minggu, 16 September 2018.

Berita Lainnya
Mendagri Optimis Pemilu 2019 Berlangsung Luber dan Jurdil JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yakin bahwa Pemilu 2019 akan...
KPU Yalimo: DPT Bertambah Menjadi 89.439 Jiwa WAMENA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua KPU Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, Yehemia Walianggen menyebut Daf...
Tercecernya KTP Elektronik Timbulkan Kecurigaan Publik JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandiaga, Muhammad Taufik, men...
Peneliti LIPI Usulkan Pemilu di Papua Ditunda JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Profesor Hermaw...
Sandiaga Uno: Kualitas Produk Indonesia Sangat Bersaing SUKABUMI, TAJUKTIMUR.COM - Calon Wakil Presiden RI Sandiaga Salahudin Uno (SSU) mengatakan produk-pr...
Kanal: Pemilu