Loading...

Bawaslu Malut Bentuk Tim OTT Politik Uang

TERNATE (TAJUKTIMUR.COM) — Bawaslu Maluku Utara telah membentuk tim Operasi Tangkap Tangan (OTT) untuk menekan pelanggaran Pilkada serentak 2018 berupa pemberian politik uang guna melahirkan pilkada Malut yang demokratis dan berkualitas.

“Tim OTT telah disebar di seluruh kabupaten/kota di Malut dan kalau ada temuan tangkap tangan langsung diproses di Panwaslu,” kata Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin melalui siaran pers yang diterima Antara, Senin.

Menurut dia, dalam operasinya, Bawaslu Malut sudah memetakan lokasi rawan mana yang rentan politik uang dan tim akan bekerjasama dengan kepolisian dan kejaksaan untuk mengoptimalkan pengawasan terhadap politik uang.

Selain itu, sistem pengawasan terhadap Pilkada Malut sejauh ini sudah berjalan bagus dan mulus, karena Bawaslu ingin memaksimalkan pengawasan menjelang pemungutan suara untuk menghindarkan terjadinya politik uang.

“Memang, untuk saat ini belum ditemukan kasus politik uang, tetapi tim akan bekerja ekstra untuk mencegah adanya politik uang selama pelaksanaan masa kampanye,” ujarnya.

Dia menambahkan seluruh calon kepala daerah yang terbukti melakukan politik uang akan didiskualifikasi dan pelanggaran politik uang yang bersifat terstruktur, masif, dan sistematis bisa didiskualufikasi.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, juga tim sukses, agar tidak main-main dengan politik uang.

“Tentunya, semua pihak berkomitmen dengan kepolisian dan kejaksaan untuk menangani politik uang dengan serius. Pemberi dan penerima akan kita kenai pidana,” kata Muksin.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
AHM-Rivai Bawa Kasus KPU Maluku Utara ke DKPP TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan Calon (Paslon) Gubernur/Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Ahma...
KPU Tolak Rekomendasi Bawaslu Diskualifikasi Paslon AGK-YA TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara menolak rekomendasi Bawaslu untuk...
AHM-Rivai Bawa Persoalan Pilkada Maluku Utara ke PTUN dan DKPP TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Maluku Utara Ahmad Hidayat Mus-Riva...
KPU Pelajari Rekomendasi Bawaslu Terkait Diskualifikasi Paslon TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara mempelajari rekomendasi Bawasl...
Bawaslu Minta Gubernur Malut Tunda Kunjungan ke Daerah PSU TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta Gubernur Malu...
Kanal: Pilkada