Loading...

Quick Count Pilkada Indikator Politik Indonesia, Prof-Andalan Raih Suara Tertinggi Di Pilkada Sulsel

JAKARTA , TAJUKTIMUR.COM – Paska pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak yang jatuh pada Rabu, 27 Juni 2018 perhatian publik justru terpusat pada hasil hitungan cepat (quick count) yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga survei nasional. Salah satunya lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang melaksanakan quick count di lima provinsi yang melaksanakan pilkada hari ini, yaitu Jawa Barat  (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Utara (Sumut), dan Sulawesi  Selatan (Sulsel) dengan Margin Of Error (MOE) yang berbeda-beda ditiap provinsi, yakni antara 1%-2%.

Pada update pukul 15.15 WIB, hasil sementara quick count Pilgub Jawa Barat versi Indikator Politik mengunggulkan Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan total sementara jumlah suara yang masuk 68%.
Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum ( Rindu) : 34,64%. Tb Hasanuddin-Anton Charliyan ( Hasanah): 11,86%.
Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) : 29,30%. Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Dua DM) : 24,21%. Kemenangan Ridwal Kamil terjadi telak di kota Bandung, terutama di kabupaten Garut, Sumedang, dan Kabupaten Bandung.

Di Jawa Timur dengan kisaran suara sementara yang masuk 60%, pasangan Khofifah Indar Parawangsa–Emil Dardak (Khofifah-emil) 53,32%, sedangkan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Ipul-puti 46,68%. Khofifah-Emil ungul di Surabaya, Kediri dan Sidoarjo. Sedangkan Ipul-Puti mengalami kemenangan di Situbondo dan Madura.

Di provinsi Sumatera Utara, pada pukul 16.00 WIB dengan suara sementara yang masuk mencapai 66,33%, 56,52%-nya dikuasai oleh Eramas, sedangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djarot-Sihar) 43,48%.

Adapun untuk provinsi Sumatera Selatan, hasil quickqount belum konklusif. Pada pukul 15.25 WIB perolehan suara sementara dengan suara yang masuk 90,67%, unggul pada  pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya (HD-MY) 36,71%. Diikuti Dodi Reza Alex Nurdin- Giri Ramabah Kiemas (Dodi-Giri) 31,10%. Lalu Ishak Mekki-Yudha Pratomo (Ishak-Yudha) 20,89%. Dan Aswari Rivai-Muhammad Irwansyah (Aswari-Irwansyah) 11,30%. Pasangan HD-MY unggul di Oki selatan dan Timur. Sementara Oki dikuasai oleh Andi Safei,yang masih menjabat sebagai wakil gubernur.

Sementara untuk provinsi Sulawesi Selatan, per pukul 15.25 WIB Indikator Politik Indonesia mencatat total sementara suara masuk sebanyak 92%, dengan hasil perolehan suara sementara :
Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Azis) 24,68% , Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo , (Agus-Tanribali) 10,71%, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof-Andalan) 43,54%,  dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) 19,27%.

Berita Lainnya
Bawaslu Minta Gubernur Malut Tunda Kunjungan ke Daerah PSU TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) meminta Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba (AGK) untuk tidak melakukan kunjungan kerja (kuker...
Bawaslu Bentuk 82 Pengawas TPS Hadapi PSU Pilgub Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Menghadapi proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) sebagaimana putusan Mahkamah Konstitus...
PDI-P Optimis AGK-YA Menangi Pemilihan Suara Ulang Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maluku Utara (Malut) optimistis pasangan calon (paslon) gubernur/wakil gubernur Abdul Gani Kasu...
KPU Siapkan Jadwal Pelaksanaan PSU Pilkada Malut TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Utara akan menyiapkan jadwal pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Malut di t...
MK Menolak Gugatan Sengketa Pilkada Paniai Papua JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusannya menyatakan tidak dapat menerima permohonan perkara sengketa hasil Pilkada Kabupaten Paniai Provinsi ...
Kanal: Pilkada