Loading...

Kemenkes: Buah Segar pilihan Tepat Menu Berbuka Puasa

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Memasuki bulan Ramadhan, menjaga pola makan penting diperhatikan. Menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eni Gustina, buah-buahan manis baik menjadi pilihan tepat untuk dijadikan menu utama saat berbuka puasa.

Sebelum makan buah, awali proses berbuka puasa dengan air putih hangat. “Lalu, kami dari ahli kesehatan menyarankan buah-buahan segar yang manis (tidak asam). Secara agama juga kan dianjurkan kurma ya. Kurma itu mengandung karbohidrat dan energi,” ujar Eni.

Selain itu, tidak disarankan berbuka langsung dengan porsi makan yang banyak. Hal ini dilalukan agar sistem pencernaan mampu melakukan penyesuaian setelah seharian diistirahatkan atau tidak mengonsumsi makanan.

Eni menjelaskan, saat puasa, lambung kosong selama belasan jam, sehingga ketika diisi jangan langsung banyak. “Setelah buka puasa, kita shalat, tarawih. Nah, habis tarawih itu dilanjutkan makan dengan porsi piring makanku, banyak sayuran seperti biasa,” tuturnya.

Ia mengatakan, tidak ada larangan untuk makan malam setelah shalat tarawih. Hal ini ditegaskan Eni menanggapi kekhawatiran dari para remaja putri akan menjadi gemuk bila makan malam setelah shalat tarawih.

Menurut Eni, makan malam setelah shalat tarawih sangat boleh karena kita seharian sudah puasa. “Kadang remaja putri yang sering berpikir begitu, habis shalat tarawih tidak usah makan malam karena takut gemuk. Itu salah, kita akan kurang energi. Porsinya yang mesti kita ubah, harus kita perhatikan sayurnya harus lebih banyak,” katanya.

Untuk itu, Eni menekankan pentingnya memahami dan menerapkan porsi piring makanku dengan menu yang bergizi seimbang dan membiasakan pola makan tersebut di keseharian.

Penting diperhatikan adalah setelah makan malam jangan langsung tidur. Jeda waktu tersebut dapat diisi dengan kegiatan atau ibadah lainnya. Namun, Eni juga berpesan untuk tidak tidur terlalu malam agar cukup istirahat dan tetap tepat waktu bangun untuk sahur kembali pada dini hari.

Berita Lainnya
Brand Fashion Turki Curi Perhatian di Jakarta Modest Fashion Week JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Brand asal Turki, Zuhre, mencuri perhatian di Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) yang diadakan pada akhir Juli lalu di Jakar...
Cobain Yuk Beberapa Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe TAJUKTIMUR.COM -- Ketombe memang mengganggu bagi banyak orang. Terutama perempuan yang sudah mencoba berbagai jenis shampo antiketombe tetapi biangnya...
Anak Bunda Takut Disuntik? Tenang Ada Tips dan Caranya JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar anak tidak takut jarum suntik. Yang penting, orang tua juga harus tenang. Ti...
comScore: Konsumen Indonesia Paling Banyak Akses Situs Wisata JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Kebiasaan mengakses layanan perjalanan dan juga informasi wisata warga Asia dipastikan kian melonjak pada tahun ini. Peru...
Komplikasi Diabetes Melitus Bisa Serang Mata Hingga Ginjal TAJUKTIMUR.COM -- Komplikasi diabetes melitus akut bisa disebabkan oleh dua hal, yakni peningkatan dan penurunan kadar gula darah yang drastis. Kondis...
Kanal: Gaya Hidup Ramadhan