Loading...

5 Kelemahan Android Yang Membuat Apple Lebih “Unggul”

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Unggul tanpa merendahkan dan maju tanpa menghina yang lain, begitu ungkapan orang bijak saat berbicara moralitas dalam persaingan.

Tulisan ini tidak bermaksud mengangkat OS tertentu lalu merendahkan OS yang lain lho. Ini sekedar pemaparan  yang bisa menjadi bahan pertimbangan secara pribadi dalam memilih, selanjutnya memang kembali kepada kebutuhan kita masing-masing. Karena setiap OS seperti android, iOS dan windows memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Meskipun Android milik Google menguasai lebih dari 60% pengguna smartphone dunia, namun ada 5 kelemahan yang wajib kita ketahui. Konon karena 5 kelemahan inilah, sebagian orang menganggap iOS besutan Apple lebih unggul.

Dikutip dari jalantikus.com, berikut ini 5 hal yang dimaksud:

1.Teknologi Layar

Kelemahan android yang pertama ada pada teknologi layarnya. Jika kalian bandingkan dengan smartphone berbasis iOS yaitu iPhone, iPhone telah memiliki teknologi keren untuk layarnya yang disebut dengan retina display. Kemunculan layar retina display pada iPhone 4 di tahun 2010 ini dianggap sebagai terobosan besar, karena membuat iPhone 4 menjadi smartphone dengan layar paling jernih dan tajam yang pernah ada pada saat itu. Apalagi kalau kalian lihat layar pada iPhone 7 Plus yang menggunakan layar retina HD dengan resolusi 1920×1080 dengan kedalaman 401 ppi.

Tentunya kembali ke individu masing-masing pengguna. Jika Anda puas dengan ketajaman layar Android yang saat ini Anda miliki, berarti hal inj bukan sebuah persoalan.

2. Google Play Store

Sejak diluncurkan pada tahun 2008 hingga Januari 2017, tercatat ada lebih dari 2,7 juta aplikasi yang terdaftar di Google Play Store. Namun sayang geng, bisa dibilang tidak semua aplikasi pada Google Play Store itu “aman”. Nah, hal ini berbeda dengan App Store milik Apple. Jumlah aplikasi pada App Store tidak sebanyak Play Store karena Apple benar-benar menyaring aplikasi yang boleh masuk dalam daftar App Store-nya. Hanya aplikasi yang lolos Quality Control dari Apple lah yang akan kalian temukan di App Store.

3. Tampilan Antarmuka

Nah kalo yang ini relatif abis sih geng. Interface pada smartphone android memang cenderung lebih fleksibel, bisa kamu atur posisinya sesuai keinginan kamu. Jadi lumayan pe er deh kalo pake smartphone android, soalnya mesti atur-atur posisi interface nya dulu supaya gak berantakan dan sesuai kebutuhan. Berbeda dengan iPhone yang berbasis Ios. Interface-nya simpel dan jaaauh dari kata ribet. Cocok banget nih buat kalian yang males dengan tampilan aneh-aneh gituu hehehe. Namun ada juga kok beberapa merk smartphone android yang menerapkan prinsip simple gak ribet ini, misalnya ada pada VibeUI Lenovo dan MIUI Xiaomi.

4. Android Rentan Terhadap Pembajakan

Kelemahan Andorid yang ke empat adalah pada sistem perlindungan datanya, sehingga mudah untuk dibajak. Masalahnya ada pada cara android menganalisa pesan yang diterima. Jadi jauh sebelum kita membuka file yang masuk, sistem operasi akan lebih dulu menganalisa file tersebut. Perbedaan cara analisa android dan ios jika menerima file mengandung malware adalah kalau pada android, seketika itu juga perangkat android akan langsung terinfeksi dan memberikan kesempatan bagi hacker untuk mengambil alih perangkat android kita. Sementara jika ios yang menerima file tersebut, perangkatnya otomatis akan hang dan memaksa untuk melakukan restart. Kurang lebih seperti itu geng, mendingan hapenya rusak dikit kan daripada dibajak orang..

5. Update Software

Nah kelemahan android terakhir ada pada teknis update softwarenya. Meskipun google selalu memperbarui android, namun tidak semua pengguna otomatis mendapatkan notifikasinya, Geng! Belum tentu smartphone android yang kalian beli baru-baru ini memiliki sistem operasi android yang terbaru kan. Selain itu penawaran untuk updgrade ke sistem operasi android yang terbaru juga biasanya tidak langsung diberikan ketika OS tersebut diriliskan? Hmm inilah yang membuat ios lebih unggul sekali lagi dibanding android Geng. Karena upgrade IOS pada umumnya selalu tersedia untuk semua perangkat ios. Ya mungkin pengecualian untuk fitur “Siri”, yang tidak lagi bisa diinstal pada iPhone lama yaitu iPhone 4. Hal ini dikarenakan spek yang lebih tua sehingga tidak mampu menerima fitur baru dalam versi update.

Nah itu tadi 5 kelemahan android yang membuat iPhone lebih unggul. Ada yang gak setuju? Hhihihi Tuliskan komentar kalian di bawah yaa.

(jtc/bri)

 

Berita Lainnya
WhatsApp Tingkatkan antarmuka Panggilan Grup di iOS JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Aplikasi perpesanan punya Facebook, WhatsApp, belum lama ini merilis versi...
Pengguna PS 4 Diblokir Gara-Gara Username SARA JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Seorang pengguna PlayStation 4 di tengah kebingungan karena tiba-tiba tida...
Alat Penerjemah Bahasa Isyarat ITB Menang di Korea BANDUNG, TAJUKTIMUR.COM - Tim gabungan dari mahasiswa ITB dan Gwangju University memperoleh pengharg...
Gara-Gara Bug, Password Instagram Sempat Bocor JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Instagram memperingatkan sejumlah pengguna bahwa kata kunci akun mungkin s...
Google Maps Miliki Fitur Mengirim Pesan JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Google mempermudah pemilik usaha untuk mengaktifkan Profil Bisnis pada pla...
Kanal: Tekno