Loading...

Apa Sih Perbedaan G-Maps dan Waze?

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Sekarang ini, sebagian orang memanfaatkan bantuan aplikasi ponsel untuk mencari jalan atau menghindari kemacetan ketika hendak melakukan perjalanan.

Di antara aplikasi yang menawarkan bantuan untuk orang-orang yang hendak bepergian, ada Google Maps dan Waze, aplikasi mobilitas berbasis komunitas yang juga merupakan bagian dari Google.

Lalu, apa beda kedua produk Google itu?

Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan, menjelaskan kedua produk tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, dengan Google Maps sebagai aplikasi untuk penjelajahan perjalanan, dan Waze untuk navigasi.

Google Maps is for discovery, Waze is for navigation. Jadi, orang kalau sudah di mobil biasanya langsung pakai Waze,” ujar Marlin di Jakarta, Rabu (28/3).

Marlin menjelaskan bahwa pengguna Waze biasanya telah mengetahui lokasi yang ingin dituju. “Dari titik mana mau ke mana. Saya dari sini mau ke Plaza Senayan, misalnya. Saya sudah tahu, jadi saya pakai Waze, supaya saya tahu jalan ke Plaza Senayan itu lebih cepat lewat mana,” kata dia.

Sementara, Google Maps merupakan layanan pemetaan web untuk mengetahui apa saja yang dapat ditemukan dalam perjalanan.

“Di dalam Google Maps kita biasanya bisa tahu suatu lokasi, di situ apakah ada restoran atau yang lainnya. Kemudian, kita ke sana mau naik apa, mau naik mobil, motor, mau jalan kaki misalnya.Itu yang dilakukan orang menggunakan Google Maps,” kata Marlin.

Waze diakuisisi Google pada 2013. Layanan buatan perusahaan asal Israel tersebut kini telah dapat digunakan di 185 negara dengan lebih dari 50 bahasa dan suara.

Secara global Waze saat ini memiliki 100 juta pengguna aktif per bulan. Di Indonesia, Marlin mengatakan, Waze telah memiliki empat juta pengguna aktif per bulan.

Sementara Google Maps, menurut siaran GSM Arena pada Kamis, baru saja diperbarui dengan dukungan untuk 39 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

(hfd/ttcom)

Berita Lainnya
Gabungkan Desain dan Teknologi Inovatif, Oppo Resmi Luncurkan Find X PARIS, TAJUKTIMUR.COM -- OPPO secara resmi meluncurkan OPPO Find X di Museum Louvre, Paris. Perangkat flagship yang menggabungkan teknologi inovatif d...
Fitur Pengukur Durasi Pemakaian Bakal Hadir di Instagram JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM -- Instagram meniru langkah fitur baru dari Apple, Screen Time, yang dapat mengukur berapa lama waktu yang dihabiskan untuk me...
Menkominfo Berikan Tips Menghindari Medsos dari Suspend JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM —- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan tips supaya akun media sosial (medsos) tidak mengalam...
Yahoo Messenger akan Dihentikan Juli 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR COM —- Yahoo mengumumkan akan menghentikan layanan Messenger-nya secara efektif pada 17 Juli. Meskipun saat ini pengguna masih ...
Mau Tonton Streaming Piala Dunia, Di Mana? JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Saat berlangsungnya Piala Dunia tahun 2014 silam tercatat hampir 3,2 miliar penduduk dunia menonton pertandingan Piala Dunia...
Kanal: Tekno