Loading...

Empat Larangan Jika Handphone Terkena Air

TAJUKTIMUR.COM — Sudah jadi rahasia umum, air merupakan musuh utama berbagai macam perangkat elektronik, khususnya smartphone.

Tercebur ke dalam air atau kena tumpahan minuman merupakan mimpi terburuk banyak pengguna smartphone. Yang pasti, kamu pasti akan panik, marah, ingin menangis. Semua perasaan kalut bercampur menjadi satu.

Sebelum panik dan buru-buru ke service center untuk memperbaiki, empat hal berikut ini harus kamu hindari ketika smartphone basah.

1. Pencet Tombol atau Goyang-Goyang Smartphone

Sesaat setelah mengangkat dari dalam air, usahakan untuk tidak memencet tombol yang ada di smartphone. Tak hanya itu, kamu juga tidak boleh menggoyang-goyangkan perangkat.

Hal ini tidak boleh dilakukan agar mencegah air tidak masuk ke dalam smartphone dan menyebar ke komponen lainnya.

2. Jangan Pakai Hair Dryer

Meski dapat menjadi ide cepat untuk mengeringkan smartphone yang basah, menggunakan hair dryer malah mendorong air masuk lebih dalam.

Selain itu, panas pengering rambut dan pancaran elektromagnetik dari hair dryer bisa menambah panas yang berlebihan ke ponsel dan berpotensi bisa merusaknya.

3. Masukkan ke dalam Beras

Banyak tips dan trik mengatasi smartphone yang basah menyarankan untuk menggunakan beras untuk proses pengeringan.

Ternyata, partikel-partikel debu yang sering menempel di beras berpotensi masuk ke dalam smartphone dan membahayakan komponen-komponennya.

Ada baiknya kamu menggunakan handuk dan memasukkan smartphone yang basah itu ke dalam wadah tertutup bersamaan dengan silica gel.

4. Jangan Gunakan Oven atau Microwave

Jangan sekali-kali memasukkan smartphone kamu ke dalam oven atau microwave. Bila hair dryer saja sudah berbahaya, memasukkannya ke dalam oven yang memiliki suhu tinggi merupakan hal yang sangat dilarang untuk kamu lakukan.

Suhu tinggi bisa berbahaya untuk komponen listrik yang ada di dalam smartphone. Jadi jangan lakukan ini saat smartphone kamu terkena air ya, guys.

Berita Lainnya
Evan Williams, Pendiri Twitter mundur JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Salah satu pendiri dan pimpinan eksekutif Twitter, Evan Williams, mengundu...
Ini Penjelasan Soal Instagram kehilangan hingga ribuan pengikut dalam semalam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengguna Instagram di seluruh dunia menemukan kenyataan bahwa jumlah pengi...
WhatsApp akan Hentikan Layanan untuk HP Jadul JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tepatnya 1 Februari 2020, WhatsApp akan menghentikan layanan untuk telepo...
Facebook Hapus Ratusan akun Penyebar Berita Palsu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Facebook mengatakan telah menghapus ratusan akun Facebook dan Instagram se...
Microsoft Hentikan Dukungan Windows 10 Mobile JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Era smartphone bersistem operasi Windows atau yang biasa disebut Windows P...
Kanal: Tekno