Loading...

Lihat Langit Sekarang! Supermoon Berlangsung Selama 17 Jam

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) – Malam ini (3/12/2017) pukul 22:46 WIB, Bulan akan kembali berada dalam puncak fase purnama selama hampir 17 jam hingga Senin (4/12/2017) pukul 15:45 WIB.

Fenomena ini, Menurut rilis BMKG, Bulan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi atau posisi Bulan berada di perigee dengan jarak 357.492 km.

Dekatnya selisih waktu antara Bulan dalam fase purnama & Bulan berada di perigee ini dikenal sebagai Purnama perigee atau lebih dikenal sebagai Supermoon.

Pada saat supermoon ini, Bulan akan lebih besar 14% dan lebih cerlang sekitar 30% dari ukuran rata-ratanya.

Berdasarkan definisi ini, ungkap BMKG, purnama perigee yang terjadi ini merupakan satu-satunya peristiwa supermoon pada 2017.

Selain itu, purnama perigee kali ini menjadi supermoon pembuka pada tiga rangkaian supermoon yang berdekatan. Purnama perigee berikutnya akan terjadi pada 2 Januari 2018 mendatang.

Pada saat tersebut, Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun 2018, yaitu sejauh 356.565 km pada pukul 04:48 WIB. Lima jam berikutnya, yaitu pukul 09:24 WIB, Bulan akan berada dalam puncak fase purnama.

Sayang, saat puncak purnama tersebut Bulan sudah terbenam dari wilayah Indonesia.

Meskipun demikian, kejadian purnama perigee penutup dari tiga rangkaian ini adalah yang banyak ditunggu. Penyebabnya adalah saat tersebut terjadi pula peristiwa Gerhana Bulan Total yang dapat diamati dari seluruh Indonesia dari awal malam hingga tengah malam.

Terlebih, peristiwa totalitasnya akan terjadi selama satu jam 16 menit yang menyebabkan Bulan akan berwarna merah, jika langit cerah.

(and/ttcom)

Berita Lainnya
Ini Penjelasan Soal Instagram kehilangan hingga ribuan pengikut dalam semalam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengguna Instagram di seluruh dunia menemukan kenyataan bahwa jumlah pengi...
WhatsApp akan Hentikan Layanan untuk HP Jadul JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tepatnya 1 Februari 2020, WhatsApp akan menghentikan layanan untuk telepo...
Facebook Hapus Ratusan akun Penyebar Berita Palsu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Facebook mengatakan telah menghapus ratusan akun Facebook dan Instagram se...
Microsoft Hentikan Dukungan Windows 10 Mobile JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Era smartphone bersistem operasi Windows atau yang biasa disebut Windows P...
YouTube hentikan ‘share’ otomatis ke Twitter dan Google+ JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengguna dan pembuat konten YouTube mulai 31 Januari ini tidak akan bisa l...
Kanal: Tekno