Loading...

Pakai Perangkat Windows 10, Berapa Kapasitas Memori (RAM) yang Ideal?

JAKARTA (TAJUKTIMUR.COM) — Komputer lemot memang bikin jengkel. Apalagi kalau pas sedang diburu banyak tugas dalam waktu yang terbatas. Fenomena melambatnya kinerja perangkat baik PC ataupun Laptop memang sering dijumpaiIstilah pasaran disebut “ngelagg”, berasal dari kata Lagging dimana kinerja pada perangkat yang digunakan mulai melambat, meliputi waktu  estimasi Booting yang lebih lama diatas waktu normal, lambatnya proses eksekusi (membuka) aplikasi/file maupun permainan, hingga jika sudah parah akan dapat mengakibatkan Freeze dimana keadaan perangkat tidak bisa digunakan, bahkan hanya dengan menggerakan pointer/crusor.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan kinerja perangkat Anda melambat. Diantaranya karena adanya aplikasi berbahaya (Malicious Software/Malware), Virus, atau jumlah aplikasi yang terpasang diambang batas wajar, atau bisa juga karena spesifikasi yang kurang tinggi, khususnya pada perangkat memori atau yang biasa disebut Random Access Memory (RAM).

Khusus mengenai RAM, berapa sech kapasitas memori yang ideal pada perangkat Anda, khususnya untuk sistem operasi Microsoft Windows 10.

Syarat Minimalnya

Sedikit penjelasan persyaratan spesifikasi minimum untuk sistem operasi Microsoft Windows 10 dikutip dari situs resmi Microsoft yang perlu kalian penuhi adalah sebagai berikut :

 

Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
RAM: 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
Hard disk space: 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
Graphics card: DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display: 800×600

Yup, ini syarat minimal agar Windows 10 bisa berfungsi. Namun terkait efektif atau tidaknya sangat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Semakin besar tuntutan kebutuhan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi modern yang canggih, ya tentunya semakin besar juga kebutuhan RAM yang tinggi.

Kebutuhan RAM Tergantung Jenis Aktivitas

Dikutip dari situs wincamp.org, berikut ini tips yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan yang biasa dilakukan oleh banyak khalayak masyarakat, khususnya di Indonesia ini. Berapakah kapasitas memori yang kalian butuhkan?

Untuk Produktivitas Office (Pekerjaan Kantor)

Produktifitas dengan Office 365 (foto: istimewa)

Jika kalian lebih terbiasa menggunakan perangkat PC untuk produktivitas pekerjaan kantor, seperti mengetik tulisan, membuat suatu presentasi, membuat tabel hitungan, memeriksa email, berselancar di Internet hingga bermain game ringan seperti Zuma, Solitaire dll, rasanya RAM dengan kapasitas 2 GB (apalagi 4 GB) tidak akan menjadi masalah. Insya Alloh masih lancar jaya.

Untuk Hiburan Bermain (Gaming)

Yang seperti ini tentunya bukan bukanlah permainan game sekelas Solitaire, Zuma maupun Pinball, disarankan untuk para Gamers adalah 8 GB. Namun jika Anda ingin bermain permainan generasi terbaru saat ini dan permainan yang akan dirilis kedepannya, penambahan kapasitas RAM pilihan opsional antara 16 GB hingga 32 GB.

Untuk Kebutuhan Virtual Reality (VR)

(foto: istimewa)

Tidak luput dari perkembangan teknologi dunia virtual, Windows 10 saat ini telah didukung untuk menggunakan teknologi Virtual Reality (VR). Untuk dukungan penuh perangkat agar dapat menjalankan teknologi VR ini, kapasitas memori sebesar 4 GB hingga 8 GB sangatlah cukup. Anda dapat menikmati adanya dunia virtual melalui Windows 10.

Game Streaming

Foto: istimewa

Bagi para pemain permainan (Gamers) yang senang menggunakan fitur Game Streaming seperti Mixer, persyaratan minimum untuk menggunakan perangkat dengan kapasitas memori sebesar 8 GB namun disarankan sebesar 16 GB hingga 32 GB.

Penyuntingan Video, Foto dan Musik

foto: wincamp

Sangatlah bergantung pada pekerjaan kalian masing-masing. Jika kalian yang suka menyunting dan membuat video dengan resolusi besar dan ukuran yang besar, maka kapasitas memori sebesar 16 GB sangatlah disarankan untuk kalian. Namun, jika kalian hanya bekerja untuk menggunakan penyuntingan gambar hingga membuat musik, disarankan untuk kalian menggunakan perangkat dengan kapasitas memori sebesar 8 GB.

Pemilihan Ketepatan, Kecepatan dan Tipe Memori (RAM)

Sesuaikan kecepatan dan frekuensi perangkat memori dalam perangkat PC kalian masing-masing serta cermati tipe memori (RAM) pada perangkat PC kalian. Untuk perangkat komersial yang beredar di pasar sangatlah familiar jika menggunakan memori dengan tipe DDR3, namun untuk beberapa perangkat produksi baru akan menggunakan memori dengan tipe DDR4. Pastikan juga memilih jenis memori yang tepat untuk perangkat PC kalian karena memori untuk perangkat Desktop PC dengan Notebook/Laptop dan Netbook PC sangatlah berbeda. Pada normalnya, perangkat Desktop PC menggunakan memori berjenis DIMM, sedangkan untuk perangkat Notebook/Laptop dan Netbook PC menggunakan memori berjenis SO-DIMM.

Konklusi

Lalu bagaimanakah sebaiknya memilih dan menggunakan perangkat memori yang benar dan sesuai? Kembali pada pengaturan dan kebutuhan masing-masing, sesuai dengan kategori sebagimana telah dipaparkan diatas. Jadi, pastikan dan bijaklah menggunakan perangkat PC Anda

(bri/wc)

 

 

Berita Lainnya
Evan Williams, Pendiri Twitter mundur JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Salah satu pendiri dan pimpinan eksekutif Twitter, Evan Williams, mengundu...
Ini Penjelasan Soal Instagram kehilangan hingga ribuan pengikut dalam semalam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengguna Instagram di seluruh dunia menemukan kenyataan bahwa jumlah pengi...
WhatsApp akan Hentikan Layanan untuk HP Jadul JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tepatnya 1 Februari 2020, WhatsApp akan menghentikan layanan untuk telepo...
Facebook Hapus Ratusan akun Penyebar Berita Palsu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Facebook mengatakan telah menghapus ratusan akun Facebook dan Instagram se...
Microsoft Hentikan Dukungan Windows 10 Mobile JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Era smartphone bersistem operasi Windows atau yang biasa disebut Windows P...
Kanal: Tekno