Loading...

Xiaomi Salip Oppo dan Vivo di Pasar Indonesia

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM — Berdasarkan data perusahaan riset pasar IDC untuk pangsa pasar smartphone di Indonesia pada kuartal kedua (Q2) 2018, Xiaomi berhasil berada di posisi kedua, mengalahkan Oppo dan Vivo.

“Xiaomi sebagai ‘kuda hitam’ yang telah melewati berbagai tantangan pertumbuhan di masa lalu dan berhasil menduduki posisi kedua pengiriman smartphone terbesar di Indonesia,” ujar Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Posisi pertama diduduki Samsung dengan pangsa pasar 27 persen, selanjutnya Xiaomi dengan 25 persen, lalu Oppo dengan 18 persen, kemudian Vivo dengan 9 persen, menutup lima besar Advan dengan 6 persen.

Sementara itu, pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 9,4 juta unit pada Q2 2018, dengan pertumbuhan sebesar 22 persen dari kuartal sebelumnya dan 18 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Hal ini  menjadikan pengiriman pada kuartal ini menjadi tertinggi di Indonesia.

Pencapaian tersebut disebabkan oleh besarnya pertumbuhan pengiriman smartphone Xiaomi — dari 3 persen pada Q2 2017 menjadi 25 persen pada Q2 2018.

Keberhasilan Xiaomi tersebut, menurut Febrian, dikarenakan strategi Xiaomi yang melakukan kegiatan pemasaran jauh lebih sederhana dari para kompetitornya, Oppo dan Vivo.

Xiaomi juga memberikan keuntungan yang lebih sedikit untuk mitra distribusinya, dan memberikan perangkat dengan rasio “price-to-spec” yang lebih kompetitif, sehingga memberikan konsumen “value-for-money” yang lebih baik.

“Dengan menerapkan strategi ini, Xiaomi berhasil memperoleh ‘market share’ dan ‘mind share’ yang signifikan,” kata Febrian.

Berita Lainnya
Evan Williams, Pendiri Twitter mundur JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Salah satu pendiri dan pimpinan eksekutif Twitter, Evan Williams, mengundu...
Ini Penjelasan Soal Instagram kehilangan hingga ribuan pengikut dalam semalam JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Pengguna Instagram di seluruh dunia menemukan kenyataan bahwa jumlah pengi...
WhatsApp akan Hentikan Layanan untuk HP Jadul JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Tepatnya 1 Februari 2020, WhatsApp akan menghentikan layanan untuk telepo...
Facebook Hapus Ratusan akun Penyebar Berita Palsu JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Facebook mengatakan telah menghapus ratusan akun Facebook dan Instagram se...
Microsoft Hentikan Dukungan Windows 10 Mobile JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Era smartphone bersistem operasi Windows atau yang biasa disebut Windows P...
Kanal: Tekno