Loading...

Enam Spot Wisata di Lombok yang Wajib Banget Dikunjungi

TAJUKTIMUR.COM — Nusa Tenggara Barat menjadi salah satu destinasi favorit wisata dalam dan luar negeri di samping Bali. Pesona NTB khususnya Lombok menjadi salah satu alternatif wisata selain Bali.

Apalagi Lombok juga menawarkan wisata halal dengan panorama alam yang tidak kalah dengan Bali. Nah jika ingin pergi ke Lombok, berikut enam destinasi wisata di Lombok yang wajib dikunjungi

Segara Anak

Nama Segara Anak pasti sudah tidak asing lagi, terutama bagi para pendaki Gunung Rinjani. Tempat ini merupakan favorit para wisatawan yang ingin bermalam saat melakukan pendakian. Danau vulkan dengan kedalaman 230 meter ini, dulunya merupakan bekas kawah letusan gunung yang kemudian tergenang air, hingga berubah menjadi danau.

Segara Anak memiliki air berwarna biru laut yang sangat indah di atas ketinggian 2.000 mdpl. Di sekitar danau, kamu juga bisa melihat panorama Gunung Barujari yang sering disebut sebagai “gunung di atas gunung”. Barujari merupakan anak gunung dari Rinjani dan masih aktif hingga saat ini. Setidaknya, kamu wajib ke sini sekali seumur hidup!

Bukit Pergasingan

Salah satu spot terbaik untuk mengagumi kemegahan Rinjani tanpa harus mendaki hingga ke puncaknya adalah di Bukit Pergasingan. Bukit di sebelah timur Rinjani ini semakin terkenal di kalangan para pendaki maupun wisatawan. Bukit Pergasingan berada di Sembalun, Lombok Timur.

Untuk mencapai bukit ini, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Mataram. Jalur pendakian tak begitu sulit karena kamu akan disediakan ratusan anak tangga yang menuntun ke atas bukit. Selain berfoto dengan latar belakang Rinjani yang menjulang megah, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit langsung dari tempat ini.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi menjadi ikon, sekaligus magnet wisata utama bagi Lombok. Pantai pasir putih sepanjang 10 kilometer yang membentuk teluk ini berada dekat dari Mataram. Kamu dapat berkendara menempuh perjalanan sekitar 40 menit saja. Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, sama halnya seperti di Pantai Kuta, Bali.

Di Pantai Senggigi, kamu bisa bermain pasir, berenang, menyaksikan matahari terbenam, hingga snorkeling untuk melihat pemandangan karang bawah laut yang mengagumkan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas di sekitar pantai, seperti plecing kangkung dan ayam taliwang, ya!

Gili Trawangan

Sudah puas dengan keindahan Pantai Senggigi? Jangan dulu! Kamu harus langsung melanjutkan wisata ke Gili Trawangan. Pulau kecil di sekitar Lombok yang terkenal dengan sebutan “Gili T” ini memiliki pemandangan laut yang memukau. Kamu bisa naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsal atau sewa speedboat dari Teluk Nare, Senggigi. Bagi yang memiliki bujet terbatas, kapal umum adalah moda transportasi yang paling tepat.

Di Gili Trawangan, kamu pun bisa melakukan beragam aktivitas seru, salah satunya adalah snorkeling. Manjakan mata dengan keindahan bawah laut berupa berbagai ikan cantik dan terumbu karang berwarna-warni. Alternatif lain jika tak ingin bermain air, kamu bisa menjajaki penjual suvenir di sekitar atau mengepang rambut dengan jasa yang ditawarkan warga setempat.

Gili Meno

Gili Meno berada di barat daya Lombok, tepatnya di antara Gili Air dan Gili Trawangan. Kamu bisa mengakses pulau kecil ini dengan speedboat dari Bali atau kapal umum dari Senggigi. Selain untuk tempat berlibur, Gili Meno cocok dijadikan sebagai destinasi honeymoon karena suasana yang tenang dan intim.

Saat berada di sini, kamu pun bisa berjemur, berenang, dan menyelam di perairan yang jernih. Jika tak ingin bermain air, kamu bisa berkunjung ke penangkaran penyu untuk melihat para induk menetaskan tukik (bayi penyu).

Gili Air

Ingin mengunjungi pulau kecil yang terletak paling dekat dengan Lombok? Gili Air adalah pilihan yang tepat. Gili Air merupakan tujuan wisata yang lebih sunyi dibanding Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kecil ini cocok untuk kamu yang mencari ketenangan di tengah alam.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pasir putih sambil duduk di bawah pepohonan rindang. Untuk pengalaman yang lebih seru, menyelami laut dan melihat “surga” di bawah laut merupakan hal yang patut kamu lakukan di Gili Air.

Berita Lainnya
Festival Pulau Hiri Tampilkan Kearifan Lokal Bahari TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Festival Pulau Hiri di Kota Ternate, Maluku Utara, pada awal Oktober 2018 akan menampilkan berbagai kearifan lokal bahari yang diharapkan bisa m...
Keren! 8 Destinasi Indonesia Tebar Pesona di Changi Airports SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Wonderful Indonesia semakin intens mempromosikan pariwisata luar negeri. Kali ini, negara yang dituju adalah Singapura. Eventnya adalah Indone...
‘Mari baronda di Benteng Oranje Ternate’ TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Benteng Oranje didirikan pada tanggal 26 Mei 1607 oleh Cornelis Matclief de Jonge dan diberi nama Benteng Oranje oleh Francois Wiltlentt pada ta...
5 Makanan Halal dan Wajib Coba Asli Raja Ampat TAJUKTIMUR.COM -- Bila pergi ke Raja Ampat maka jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner yang pastinya terjamin halal dan khas Raja Ampat. Apa saja? ini dia daftarny...
Ini 10 Destinasi terbaik di Raja Ampat WAISAI, TAJUKTIMUR.COM - Raja Ampat dipercaya sebagai salah satu lokasi persinggahan pawai obor (Torch Relay) Asian Games 2018, 26-28 Juli mendatang. Potensi wisata ba...
Kanal: Wisata