Loading...

Keindahan Objek Wisata Tebing Air Panas Nif di Pulau Seram

BULA (TAJUKTIMUR.COM) – Suasananya sangat alami karena bersanding dengan tebing yang penuh pepohonan. Di Kota Bula, Ibukota Kabupaten Seram Timur, Provinsi Maluku, ada objek wisata Air Panas Nif di Dusun Nif, Desa Dawang, Kecamatan Teluk Waru. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 10 km. Obyek wisata ini masih alami. Belum dikelola. Cukup ekostis!

Objek wisata  Air Panas Nif merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati masyarakat. Tak hanya memancarkan aura keindahan dan kesejukan. Namun lokasi ini juga menyimpan cerita batu peninggalan yang banyak diyakini mengandung nilai mistis.

Air Panas Nif berada di jalan Lintas Seram dengan jarak tempuh sekitar 6 km dari Kota Bula Ibukota Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT)

Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit. Di lokasi ini terdapat kolam-kolam pemandian air panas.

Bentuk kolamnya memang sederhana, dan didalamnya ada gua dan bebatuan yang sangat indah alam yang ada di sekitarnya sangat asri bersanding dengan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan. Dengan adanya perpaduan ini, suasana di Air Panas Nif sangat alami.

Sumber air panas yang ada di kolam-kolam ini berasal dari belerang dan mata air yang dialirkan melalui sela-sela batuan sehingga membentuk seperti pancuran.

Untuk panasnya kolam ini bisa dibilang tidak terlalu panas sehingga membuat Anda betah untuk berlama-lama berendam, hanya bagian-bagian tertentu dari sudut-sudut kolam ini yang memiliki suhu airnya yang cukup panas, karena berdekatan dengan sumber mata air panas.

Berendam di dalam kolam air panas sungguh memberikan relaksasi yang luar biasa. Setelah berendam tubuh anda serasa segar kembali, letih dan capek pun hilang seketika.

Objek wisata yang mulai dikenal oleh masyarakat luar sejak  tahun 2010 yang lalu ini sangat diminati masyarakat karena menawarkan daya tarik tersendiri. Selain cocok untuk liburan keluarga, tempat ini juga cocok untuk sarana refreshing remaja dan anak-anak.

Akses menuju  Air Panas Nif tidaklah sulit karena letaknya hanya berjarak sekitar kurang lebih 1 kilometer dari Jalan Lintas Seram. Bila Anda memulai dari Kota Bula jarak yang ditempuh sekitar 5 kilometer dan memakan waktu perjalanan lebih kurang 1 jam.

Anda yang ingin berkunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk di sepanjang perjalanan menuju lokasi membuat perjalanan liburan anda menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Kabupaten SBT, sendiri dikenal dengan wisata budaya dan sejarahnya, seiring dengan munculnya peradaban besar di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa tersebut. Namun ada tempat wisata yang sangat menarik karena keunikannya. Air Panas Nif tempat wisata ini terbentuk dari fenomena alam. Tebing Air Panas Nif ini tersusun dari batu-batuan yang berwarna putih.

Warna putih tersebut berasal dari hidrogen karbonat dan kalsium yang terkandung dalam air panas. Akibat kandungan dalam air panas yang selalu meningkat ini, lama-kelamaan lokasi keluarnya air panas ini membentuk lapisan kapur putih menyerupai air terjun beku.

Situs wisata tebing Sungai Nif ini mengandung air panas dan travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir.

Di air panas Sungai Nif seperti dikatakan tadi di atas bahwa kita bisa dengan mudah menemukan kolam air panas alami yang bisa digunakan untuk berendam. Salah satu tempat untuk beredam yang berada di tengah-tengah tebing yang sering dijadikan kolam renang kesehatan oleh pengunjung yang datang ke tempat ini.

Daya tarik wisata Air Panas Nif yang paling kuat adalah tebing putihnya yang terbentuk dari kandungan air  panas, yang kemudian membeku dan membentuk seperti air terjun beku. Kecantikan inilah yang sukses menjadikan Sungai Nif (Air Panas Nif) sebagai tempat pemberhentian wajib para wisatawan.

(nas/ttcom)

Berita Lainnya
NTB jadi Destinasi Wisata Halal Terfavorit di Anugerah Syariah Republika 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih sebagai tujuan wisata halal te...
Festival Pulau Hiri Tampilkan Kearifan Lokal Bahari TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Festival Pulau Hiri di Kota Ternate, Maluku Utara, pada awal Oktober 2018 ...
Keren! 8 Destinasi Indonesia Tebar Pesona di Changi Airports SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Wonderful Indonesia semakin intens mempromosikan pariwisata luar negeri....
‘Mari baronda di Benteng Oranje Ternate’ TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Benteng Oranje didirikan pada tanggal 26 Mei 1607 oleh Cornelis Matclief d...
5 Makanan Halal dan Wajib Coba Asli Raja Ampat TAJUKTIMUR.COM -- Bila pergi ke Raja Ampat maka jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner yang past...
Kanal: Wisata