Loading...

Libur Pilkada Serentak Berdekatan Dengan HUT Jakarta, Wisata Di Jakarta Gratis

JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM – Moment pelaksanaan Pilkada Serentak diseluruh Indonesia (kecuali dibeberapa daerah, termasuk Jakarta) berdekatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Jakarta ke 491 tanggal 22 Juni 2018.
Kebijakan libur nasional pada pelaksanaan Pilkada serentak Rabu, 27 Juni 2018 yabg dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat justru dimanfaatkan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan menggratiskan kembali wisata ke Ancol dan museum-museum yang ada di Jakarta. Provinsi DKI Jakarta memang tidak melaksanakan Pilkada Serentak karena sudah melaksanakannya tahun lalu. Untuk masuk museum gratis, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) DKI Jakarta bahkan telah membuka gratis wisata ke museum-museum di Jakarta sejak Selasa, 26 Juni 2018. Kebijakan tersebut diambil karena masih dalam rangkaian HUT Jakarta ke-491.

Bagi warga yang ingin berwisata ke Ancol saat libur pilkada pada Rabu (27/6/2018) bisa masuk secara cuma-cuma alias gratis. Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kebijakan itu merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Jakarta ke-491.

“Dalam rangkaian itu (perayaan HUT Jakarta), misalnya besok di Ancol, tanggal 27, Rabu, itu akan kita berikan penggratisan di tempat museum, tempat wisata. Itu di gratiskan,” Ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (25/6/2018).

Selain itu, dalam rangka merayakan HUT Jakarta tahun ini Pemprov DKI juga akan menggelar pesta rakyat tanggal 8 Juli 2018.

“Nanti kita akan pusatkan itu (perayaan HUT Jakarta) dalam bentuk pesta rakyat, karnaval. Itu tanggal 8 Juli,” Jelas Anies.

Alasan mengapa perayaan berupa pesta rakyat tersebut tidak digelar tepat pada hari ulang tahun Jakarta yakni Jumat, 22 Juni 2018 karena menurut Anis pada saat tanggal 22 Juni itu Jakarta sepi lantaran masih dalam suasana libur lebaran.

“Dalam rangka ultah Jakarta kita merayakan tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya. Mengapa? Karena ultah Jakarta itu terjadi saat liburan lebaran. Tanggal 22 itu warga Jakarta masih banyak yang berada di kampung halaman,” ungkap Anies.

Dengan alasan itulah akhirnya Pemprov Jakarta tidak menyelenggarakan pesta besar bersama rakyat di tanggal 22 atau 23 Juni 2018. Melainkan pada bulan Juli ketika warga Jakarta sudah kembaki semuanya.

“Kita geser ke bulan Juli ketika warga Jakarta semua sudah kembali, sudah berkegiatan,” tutup Anies.

Berita Lainnya
NTB jadi Destinasi Wisata Halal Terfavorit di Anugerah Syariah Republika 2018 JAKARTA, TAJUKTIMUR.COM - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih sebagai tujuan wisata halal te...
Festival Pulau Hiri Tampilkan Kearifan Lokal Bahari TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Festival Pulau Hiri di Kota Ternate, Maluku Utara, pada awal Oktober 2018 ...
Keren! 8 Destinasi Indonesia Tebar Pesona di Changi Airports SINGAPURA, TAJUKTIMUR.COM - Wonderful Indonesia semakin intens mempromosikan pariwisata luar negeri....
‘Mari baronda di Benteng Oranje Ternate’ TERNATE, TAJUKTIMUR.COM - Benteng Oranje didirikan pada tanggal 26 Mei 1607 oleh Cornelis Matclief d...
5 Makanan Halal dan Wajib Coba Asli Raja Ampat TAJUKTIMUR.COM -- Bila pergi ke Raja Ampat maka jangan lupa untuk menikmati wisata kuliner yang past...
Kanal: Wisata